Skripsi Mengenai Budaya Betawi
Sukarsa
Skripsi Mengenai Budaya Betawi
Penerbit: Prodi Etnomusikologi, Fakultas Seni Pertunjukan, Institut Kesenian Jakarta
Tahun Terbit: 2019
Penerbit: Cetak, tersimpan di Perpustakaan Fakultas Seni Pertunjukan

Judul : Deskripsi Permainan Gendang Gaya Bapak Marta  Seli  dalam Tari Topeng Tunggal Bekasi di Sanggar Sinar Seli Asih Kampung Rawa Roko Kelurahan Bojong Rawalumbu Kota Bekasi

Abstrak

Penulisan ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang permainan pola ritem gendang oleh Bapak Marta Seli dalam mengiringi Tari Topeng Tunggal Bekasi, di “Sanggar Sinar Seli Asih” Kampung Rawaroko Kota Bekasi. Latar belakang penulisan ini, bertujuan sebagai langkah pelestarian dan keberlanjutan seni tradisi Bekasi, khususnya kesenian Tari Topeng Tunggal, karena minat dan perhatian generasi muda khususnya pada kesenian Topeng Bekasi sudah mulai berkurang.

Tari Topeng Tunggal adalah salah satu jenis tarian pada kesenian topeng di masyarakat Bekasi yang dilakukan oleh seorang penari dengan menggunakan tiga karakter topeng atau disebut dengan kedok. Mempelajari bentuk permainan pola ritem gendang yang dibahas, disesuaikan menurut penampilannya. Biasanya diawali menggunakan topeng warna putih, atau Topeng Panji, topeng warna merah muda atau Topeng Samba, dan topeng berwarna merah atau kedok Jingga.

Tulisan yang disampaikan secara deskripsi ini, dilakukan dengan pendekatan disiplin Etnomusikologi. Semua informasi data yang penulis jelaskan berdasarkan informasi yang ditulis, adalah informasi dari  Bapak Marta Seli. Beliau adalah satu-satunya pemusik Tari Topeng Tunggal Bekasi yang menguasai permainan gendang. Selama dalam penelitian di lapangan, penulis tidak hanya meneliti untuk mendapat informasi data, akan tetapi penulis juga belajar memainkan alat musik gendang. Sehingga penulis menguasai pola permainan gendang gaya Bapak Marta Seli.

Ujian S1 Prodi Etnomusikologi IKJ, skripsi hasil penelitian Deskripsi Permainan Gendang Gaya Bapak Marta seli dalam Tari Topeng Tunggal karya Sukarsa